Cara Memilih Partner Kerja yang Tepat Beserta Kriterianya - AqtiveHR (2024)

Sama seperti memilih partner hidup, memilih partner kerja juga jangan sembarangan. Karena, kegiatan bekerja atau bisnis akan berkaitan dengan uang, kejujuran rasa saling menghargai dan lainnya. Jadi, sangat krusial!

Bisnis yang berkembang dan sehat tentunya terlahir dari orang-orang yang ada di baliknya. Jadi, memilih orang yang akan dijadikan partner untuk berbisnis harus sama-sama saling klik atau coco*k.

Partner kerja yang pintar dan rajin sekalipun belum tentu coco*k loh. Karena, jika kamu salah memilih partner kerja bisa-bisa bisnis kamu mandat dan hancur di tengah jalan.

Pas PDKT saja kita harus melihat bibit, bebet, bobot dari berbagai sisi si calon partner hidup. Begitu juga dengan partner kerja. Nah, jadi gimana caranya biar nemu yang klik sama kamu atau perusahaan?

Table of Contents

Cara Memilih Partner Kerja

Pastikan Memiliki Visi dan Misi yang Sama

Cara memilih partner kerja yang pertama adalah cari orang yang memiliki visi dan misi yang sama akan sebuah tujuan bisnis. Keamanan visi dan misi akan membantumu terhindar dari perpecahan.

Misalnya, tujuan kamu buka bisnis laundry adalah untuk melayani pelanggan dengan cepat dan murah. Tapi, partner kerja kamu lebih ke bisnis laundry yang harus rapi dan wangi. Masalah kecepatan bisa menyesuaikan prosesnya.

Karena, kalau cepat-cepat hasil laundry akan kurang bagus. Nah, di sini kamu dan partner punya perbedaan tujuan bisnis. Di sinilah kamu harus bisa menyatukan perbedaan tersebut.

Tapi, kalau tidak bisa kamu dan partner kerja akan terus berselisih dan sulit untuk menemukan jalan keluar. Jadi, kamu akan lebih memilih untuk mengalah, membicarakannya baik-baik dengan musyawarah atau cari partner baru?

Baca Juga: RPO Adalah: Apa kaitannya dengan Bidang HR?

Jujur dan Bisa Dipercaya

Sifat seseorang yang mungkin sulit untuk dicari zaman sekarang adalah kejujuran dan bisa dipercaya. Namun, jika kamu dikelilingi orang-orang yang jujur maka beruntunglah kamu apalagi jika untuk dijadikan partner kerja.

Memilih partner kerja yang jujur dan bisa dipercaya adalah hal penting, karena hal tersebut merupakan pondasi utama dalam menjalin sebuah hubungan.

Pasalnya, tidak sedikit kasus partner kerja yang memanfaatkan kebaikan pemilik bisnisnya untuk mencuri, menyalahgunakan data-data, dan lainnya.

Maka dari itu, seringnya bisnis atau perusahaan membuat perjanjian tertulis berupa perjanjian kerja yang ditandatangani di atas materai. Hal tersebut dilakukan agar kedua belah pihak bisa melakukan hak dan kewajibannya.

Terbuka

Selain jujur, kamu juga harus memilih partner kerja yang terbuka dalam hal apapun khususnya soal pekerjaan atau bisnis yah. Misalnya, terbuka soal pendapat terbuka soal keuangan yang mungkin lagi mandat hingga terbuka soal masalah-masalah lainnya.

Bahkan, jika partner punya masalah pribadi yang bisa mempengaruhi kinerja di kantor juga boleh dan bisa disampaikan. Tidak perlu cerita secara detail hanya memberitahu kondisinya saja sudah cukup, agar pemilik bisnis dan rekan lainnya juga bisa saling menghargai dan membantu.

Misalnya, partner kerja sedang dirundung masalah anak sakit sehingga pekerjaan jadi tidak terselesaikan tepat waktu. Dengan terbuka pekerjaan yang belum selesai bisa dibantu oleh rekan kerja lainnya.

Jika hanya berdiam diri, hanya akan menyebabkan tugas semakin menumpuk pikiran tidak tenang, dan bisnis juga jadi tersendat.

Ahli di Bidangnya

Pintar secara akademik saja tidak cukup partner kerja juga harus ahli di bidangnya. Jadi, kamu sebagai pemilik bisnis jangan terpaku pada nilai-nilai akademik calon partner yang bagus.

Seperti nilai A atau IPK tinggi dan lainnya. Kamu, bisa lebih selektif untuk mencari partner yang memang dibutuhkan di bidang bisnis kamu.

Misalnya, kamu membutuhkan Content Specialistuntuk media sosial. Hal yang perlu kamu lihat adalah pengalamannya apakah sudah pernah mengurus media sosial?

Lalu, bagaimana caranya berbicara, berpikir kreatif, membuat kata-kata, mencari ide dan gagasan untuk konten yang berbobot.

Bila perlu, keahliannya dalam menggunakan media sosial, advertising, riset konten, report, dan lainnya, juga bisa lebih luas.

Hal tersebut dilakukan agar proses produksi konten bisa berjalan lancar karena partner kamu paham apa yang dikerjakannya. Bahkan, ia juga bisa memberikan insight yang mungkin belum pernah dilakukan pada bisnis kamu.

Saling Menghargai & Menghormati

Sesama manusia, jangankan di lingkungan perusahaan di lingkungan rumah saja harus memiliki rasa saling menghargai dan menghormati.

Hal tersebut menjadi penting ketika kamu memilih partner kerja yang tepat dan klik. Kriteria ini, bahkan menjadi kriteria umum dan dasar karena dalam praktik sosial di perusahan pasti ada yang namanya masalah.

Di sini, tim harus bisa saling menghargai satu sama lain menghormati rekan yang mungkin lebih senior dan lainnya. Jika hidup sudah bisa saling melengkapi maka suatu hubungan bisa langgeng.

Tidak ada rasa iri, perpecahan karena merasa lebih pintar lebih ahli dan lainnya. Karena, pekerjaan akan lebih mudah dikerjakan jika tim fokus pada tujuan bersama.

Punya Keahlian dalam Memecahkan Masalah

Memilih partner kerja, juga harus berani dalam berbagai situasi dan kondisi. Artinya, ketika ada masalah datang tidak hanya mengeluh dan menyalahkan kondisi tapi selesaikan masalahnya dengan cari solusi.

Masalah datang silih berganti di mana masalah yang datang hari ini, mungkin akan berbeda dengan masalah di hari esok, dan seterusnya. Kamu dan partner kerja harus saling melengkapi dalam hal mencari solusi.

Jangan sampai, partner kerja kamu malah lepas tangan begitu saja. Bukan kerja tim dong namanya? Ya, keahlian ini sejatinya memang harus dimiliki setiap orang, karena masalah tidak hanya datang di lingkungan pekerjaan, tapi juga datang di kehidupan pribadi.

Punya Jiwa Kewirausahaan

Ketika perusahaan membangun bisnis, tidak hanya butuh modal, produksi, dan jual. Karena prosesnya tidak semulus itu! Masih ada hal-hal lainnya yang perlu dipersiapkan dan tidak bisa dikerjakan sendirian.

Maka dari itu, di dalam lingkungan bisnis kamu perlu partner yang juga punya jiwa kewirausahaan. Karena, kamu butuh strategi, manajemen, ide pemasaran, dan lainnya untuk mengembangkan sebuah produk, baik barang atau jasa.

Wirausaha, tidak hanya sebatas jual dan ada yang beli. Tapi bagaimana produk bisa dinilai baik dan dibutuhkan menghasilkan pelanggan tetap bisa populer sampai lingkup nasional dan internasional dan masih banyak lagi.

Sehingga, kamu harus memilih partner kerja yang memang punya background pebisnis atau punya ‘otak bisnis’ yang cukup baik. Karena, tidak sedikit orang yang punya modal besar, tapi tidak bisa mengelola bisnisnya.

Kesimpulan

Bagaimana? Dari deretan kriteria di atas, sudahkah kamu menemukan partner yang tepat dan klik?

Biasanya, untuk urusan mencari partner kerja atau karyawan di suatu perusahaan, adalah tugasnya tim Human Resource (HR). Memang tidak mudah untuk menemukan seseorang yang perfect.

Namun, setidaknya HR bisa menemukan orang yang memiliki kriteria utama yang paling dibutuhkan. Selebihnya, HR bisa bantu karyawan untuk melakukan perkembangan, memberikan pelatihan baik hard skill maupun soft skill dan lainnya.

Yang terpenting, terus lakukan pemantauan hubungan karyawan atau partner kerja, agar HR bisa menilai dan melihat perkembangannya. Jika karyawan tersebut memperlihatkan perkembangan yang baik, maka pemilik bisnis atau perusahaan berhasil menemukan partner kerja yang tepat.

Namun, tidak mudah juga untuk memantau karyawan, yang mungkin jumlahnya tidak sedikit. Maka dari itu, para pemilik bisnis atau perusahaan, butuh software untuk memudahkan kegiatan pengelolaan karyawan.

Nah, untuk rekomendasi software HR yang bisa dipilih adalah AqtiveHR by MASERP, yang punya segudang manfaat dan fitur canggih. Jadi, kamu sebagai HR tidak perlu repot lagi rekap-rekap data kinerja karyawan secara manual.

Fitur-fitur yang ditawarkan diantaranya seperti Absensi Kehadiran dengan teknologi Face Recognition, Payroll untuk membantu perhitungan gaji, tunjangan, bonus, dan lainnya, Reimbursem*nt, Database Employee, hitung Pajak PPh 21, Broadcast Messages, dan masih banyak lagi.

Jadi, yuk permudah pekerjaan HRD di perusahaan kamu dengan sistem teknologi HRIS! Baik perusahaan skala kecil maupun besar semua bisa menggunakan software dari AqtiveHR by MASERP ini.

Untuk penggunaan software sesuai kebutuhan perusahaan, kamu bisa lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli kami, secara gratis!

Cara Memilih Partner Kerja yang Tepat Beserta Kriterianya - AqtiveHR (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Virgilio Hermann JD

Last Updated:

Views: 6121

Rating: 4 / 5 (41 voted)

Reviews: 80% of readers found this page helpful

Author information

Name: Virgilio Hermann JD

Birthday: 1997-12-21

Address: 6946 Schoen Cove, Sipesshire, MO 55944

Phone: +3763365785260

Job: Accounting Engineer

Hobby: Web surfing, Rafting, Dowsing, Stand-up comedy, Ghost hunting, Swimming, Amateur radio

Introduction: My name is Virgilio Hermann JD, I am a fine, gifted, beautiful, encouraging, kind, talented, zealous person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.