Bagaimana Memilih Partner Kerja yang Tepat? Ini 4 Rahasianya! (2024)

HomeArtikel Bagaimana Memilih Partner Kerja yang Tepat? Ini 4 Rahasianya!

Bagaimana Memilih Partner Kerja yang Tepat? Ini 4 Rahasianya! (1)

Author: RUN iProbe|10 Nov 2022

Sebagai karyawan di sebuah perusahaan, Anda tentu akan berinteraksi dengan sesama rekan kerja. Sayangnya, tidak semua orang bisa menjadi partner kerja yang baik. Padahal, memiliki rekan kerja yang tepat akan menambah semangat dan meningkatkan produktivitas lho! Pentingnya memiliki teman kerja yang baik juga sama berharganya dengan bagaimana Anda bisa menempatkan diri agar bisa menjadi sejawat kantor yang tepat bagi orang lain. Yuk simak beberapa tips memilih dan menjadi rekan kerja yang baik dengan membaca artikel berikut.

Pentingnya Memiliki Partner Kerja

Banyak alasan yang menjadi faktor seseorang mengundurkan diri dari perusahaan, salah satunya adalah karena tidak coco*k dengan partner kerjanya. Meski sering disepelekan, nyatanya memiliki rekan kerja yang tepat akan memberikan dampak positif bagi diri sendiri maupun perusahaan. Ini penjelasannya!

1. Suasana Kerja Lebih Menyenangkan

Rutinitas kantor yang padat kadang memicu stres dan burnout pada karyawan. Namun, hal tersebut bisa diminimalisir apabila memiliki partner kerja yang mendukung satu sama lain. Pekerjaan yang melelahkan akan menjadi menyenangkan saat Anda mengerjakannya dengan rekan kerja yang tepat.

Kehidupan kerja yang membahagiakan berdampak pada kinerja seseorang. Karyawan cenderung memiliki motivasi tinggi dan kinerja yang baik saat berhadapan dengan suasana kantor yang nyaman dan menyenangkan.

2. Hasil Kerja Lebih Berkualitas

Produktivitas yang meningkat juga sejalan dengan hasil kerja yang lebih berkualitas. Hal ini karena sikap saling mendukung yang membuat sesama karyawan terbuka dengan saran dan kritik pada output yang dihasilkan.

Memiliki rekan kerja yang baik juga membuat Anda haus untuk terus belajar agar bisa mengimbangi kinerja mereka. Tak menutup kemungkinan, situasi tersebut akan memotivasi diri sendiri untuk memiliki jenjang karier yang lebih baik di masa depan.

3. Berpengaruh pada Pengembangan Diri

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa, kehadiran rekan kerja yang tepat akan mendorong Anda untuk memiliki masa depan karier yang lebih baik pula. Meski rekan kerja tersebut sekaligus menjadi rival pada kesempatan promosi kerja, tapi hal tersebut tidak akan menjadi kendala karena dukungan satu sama lain.

Begitu besar dampak memiliki rekan kerja yang tepat bagi pengembangan diri seseorang, membuat hal ini harus diperhatikan dengan baik.

4. Perusahaan Ibarat Rumah Kedua

Saat partner kerja memberi rasa kenyamanan, Anda pun juga semakin betah untuk bekerja di perusahaan saat ini. Dengan kata lain, hal ini tak hanya mempengaruhi kehidupan personal karyawan saja, tapi juga keterikatan tiap pekerja pada perusahaan.

Bayangkan jika Anda harus berhadapan dengan rekan kerja yang tidak suportif, tentu hal ini membuat seseorang tidak bersemangat dan ingin cepat-cepat pulang meninggalkan kantor.

5. Partner Kerja yang Baik Lebih Berharga dari Gaji Tinggi

Memiliki penghasilan kerja yang tinggi tentu menjadi career goal banyak orang. Namun siapa sangka, hal tersebut tidak ada artinya saat harus berhadapan dengan partner kerja yang selalu bertentangan dengan Anda.

Bahkan, tidak sedikit karyawan yang nekat resign hanya karena tidak akur dengan rekan kerjanya. Oleh sebab itu, perusahaan juga wajib memperhatikan hal ini secara serius supaya tidak berdampak pada produktivitas karyawan kedepannya.

Baca juga: 8 Jenis Pasar Tenaga Kerja dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Tips Mendapatkan Partner Kerja yang Benar

Bagaimana Memilih Partner Kerja yang Tepat? Ini 4 Rahasianya! (2)

Sumber: Freepik

Kira-kira partner kerja yang seperti apa yang bisa Anda jadikan role model sekaligus support system dalam perusahaan? Supaya tidak salah pilih, yuk simak beberapa tips berikut ini!

1. Memiliki Tujuan yang Sama

Tips pertama dalam memilih rekan kerja yang tepat adalah menyamakan visi, misi, dan juga tujuannya. Cari tahu apa yang menjadi tujuan kariernya di perusahaan. Jika dirasa memiliki kesamaan, maka hal tersebut bisa jadi petunjuk pertama bahwa orang inilah yang Anda cari.

Saat Anda dan rekan kerja punya career goal yang sama, maka akan tercipta suasana kerja yang kondusif dan saling mendukung. Hal ini tak hanya bermanfaat untuk kepentingan pribadi, tapi juga kepentingan perusahaan.

2. Jujur dan Bertanggung Jawab

Cara menemukan rekan kerja yang tepat berikutnya yaitu dengan memahami karakternya. Utamakan untuk memilih partner yang jujur dan memiliki tanggung jawab yang besar. Orang yang memiliki dua karakter positif tersebut dapat dipastikan akan menjadi rekan kerja yang bisa diandalkan.

3. Mau Diajak Bekerja Sama

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, rekan kerja yang baik adalah mereka yang mampu mendukung satu sama lain. Dalam artian lain, individu yang mau diajak bekerja sama adalah orang yang layak untuk dijadikan partner kerja di perusahaan.

4. Menguasai Berbagai Skill

Karyawan yang kompeten umumnya menguasai beberapa skill sekaligus. Anda bisa mempelajari keahlian tersebut dengan berguru langsung kepada rekan kerja di kantor. Di sisi lain, pastikan Anda juga mempelajari skill tertentu yang bisa melengkapi kelebihan dan kekurangan satu sama lain.

Baca juga: Tingkatkan Disiplin Kerja Karyawan dengan 5 Tips Berikut!

Cara Tepat Menjadi Partner Kerja yang Baik

Anda tentunya juga ingin menjadi seorang partner kerja yang layak untuk orang lain. Namun, apakah Anda sudah memiliki kualifikasi yang cukup untuk menjadi seorang rekan kerja yang kompeten dan bisa diandalkan? Pastikan diri Anda melakukan langkah-langkah berikut ini untuk bisa menjadi partner kerja yang baik untuk orang lain.

1. Bersikap Ramah pada Siapapun

Anda bisa memulainya dengan menonjolkan sikap ramah kepada siapapun di perusahaan. Setiap orang pastinya merasa senang saat diperlakukan dengan baik. Oleh sebab itu, pastikan untuk bersikap ramah supaya orang-orang merasa nyaman saat berinteraksi dengan Anda.

Saat rekan kerja merasa nyaman dengan kepribadian Anda, maka hal ini akan memudahkan kerjasama dan juga komunikasi baik yang berhubungan dengan pekerjaan maupun personal.

2. Mampu Mengendalikan Emosi

Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan tentu membuat seseorang rentan stres. Kadang-kadang, hal ini membuat emosi seseorang naik turun dan hilang kesabaran. Oleh sebab itu, cobalah untuk berlatih mengendalikan emosi secara perlahan-lahan.

Apalagi, Anda akan berhadapan dengan berbagai macam karakter di dalam perusahaan. Jika tidak membiasakan diri untuk selalu sabar, maka akan sulit untuk bekerjasama dengan orang lain.

3. Mampu Berpikir Kritis

Dalam menyelesaikan kewajiban kerja, terkadang ada kendala yang mengganggu kelancaran pekerjaan. Partner kerja yang baik adalah mereka yang mampu berpikir kritis dan bisa memberikan solusi terhadap berbagai kemungkinan masalah yang muncul tanpa diprediksi.

Berusahalah untuk mencurahkan segenap pikiran dan tenaga Anda untuk ambil bagian dalam menyelesaikan setiap kendala yang muncul.

4. Tidak Bersikap Egois

Sifat egois adalah sifat negatif yang sebaiknya dihindari saat bekerjasama dengan orang lain. Meski tiap-tiap karyawan akan memiliki tanggung jawab yang berbeda di dalam tim, tapi sikap egois dan mau menang sendiri akan membuat kerjasama tim menjadi terpecah.

Jika hal tersebut terjadi, maka pekerjaan justru akan terhambat atau hasilnya kurang maksimal. Jadi pastikan diri Anda mau menekan ego pribadi dan berusaha untuk menyelaraskan tujuan agar pekerjaan dapat tertangani dengan baik.

5. Saling Menghargai

Sikap menghargai juga dibutuhkan dalam membangun keserasian dengan banyak orang, termasuk dalam menjalin hubungan dengan partner kerja di kantor. Hal ini bisa Anda tunjukkan dengan mendengarkan pendapat dari rekan kerja secara seksama saat sesi diskusi.

Beri kesempatan ke rekan kerja Anda untuk mengutarakan semua pendapat yang ada di pikirannya sampai selesai. Hindari memotong pembicaraannya secara tiba-tiba karena selain tidak sopan, rekan kerja akan merasa kurang dihargai dengan sikap tersebut.

Baca juga: Sukses Berkarier dengan 5 Metode Task Management Berikut!

Pahami Performa Partner Kerja dengan BroadwaysHR

Tim HRD dalam hal ini berkewajiban dalam mengatur kerja sama antar pegawai di perusahaan agar tetap selaras demi kemajuan perusahaan. Hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan SDM dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur Organization Development dari aplikasi BroadwaysHR.

Bagaimana Memilih Partner Kerja yang Tepat? Ini 4 Rahasianya! (3)

Pastikan perusahaan Anda mengadaptasi teknologi HRIS kekinian melalui aplikasiBroadwaysHRdemi kelancaran operasional perusahaan. Tak hanya itu saja, masih ada beragam fitur penting lain yang membantu tim HRD dalam pengelolaan human resource information system dan human capital management di dalam internal perusahaan.

Ayo gunakan aplikasi BroadwaysHR sekarang juga dan buktikan sendiri keunggulannya dengan klik di sini.

Bagaimana Memilih Partner Kerja yang Tepat? Ini 4 Rahasianya! (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Duncan Muller

Last Updated:

Views: 6117

Rating: 4.9 / 5 (79 voted)

Reviews: 94% of readers found this page helpful

Author information

Name: Duncan Muller

Birthday: 1997-01-13

Address: Apt. 505 914 Phillip Crossroad, O'Konborough, NV 62411

Phone: +8555305800947

Job: Construction Agent

Hobby: Shopping, Table tennis, Snowboarding, Rafting, Motor sports, Homebrewing, Taxidermy

Introduction: My name is Duncan Muller, I am a enchanting, good, gentle, modern, tasty, nice, elegant person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.